Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL (ANIMASI) TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR TENTANG KONSUMSI BUAH DAN SAYUR DI SDN KEDAK 1 KABUPATEN KEDIRI
Prodi | : SARJANA TERAPAN PROMOSI KESEHATAN |
Pengarang | : RAHMA NUR LIBERTI ANA |
Dosen Pembimbing | : (Utama) Jupriyono, S.Kp, M.Kes (Pendamping) Fiashriel Lundy, S.Kp, M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Buah dan sayur merupakan makanan yang kurang digemari oleh anak – anak, Mereka cenderung menyukai makanan dengan banyak rasa seperti makanan asin, gurih, manis, jajanan mengandung MSG, dan lain – lain. Buah dan sayur merupakan makanan yang penting dan harus selalu dikonsumsi setiap kali makan. Faktor yang mempengaruhi konsumsi buah dan sayur pada anak diantaranya adalah pengetahuan dan tingkat ekonomi keluarga. Kurangnya pengetahuan dapat ditingkatkan dengan adanya pemberian edukasi, pemberian edukasi yang berada dalam suasana yang menyenangkan cenderung lebih mudah dikuti anak - anak. Sehingga, dibutuhkan media pendukung dengan isi materi yang menarik sehingga membuat suasana menyenangkan serta dapat dilihat dan didengar, salah satunya penggunaan media animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Edukasi dengan Media Audiovisual (Animasi) terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah Dasar tentang Konsumsi Buah dan Sayur. Desain Penelitian ini menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Sd kelas 3 sejumlah 22 siswa dan untuk mngetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan menggunakan Wilcoxon Hasil penelitian Rata-ratanya meningkat pada post test dengan nilai 14.09, selisihnya adalah 6.04. Sedangkan p value pada siswa jumlah 22 adalah 0.20 yang mana lebih kecil dari 0.05 serta terjadi perubahan pada kategori kurang menjadi cukup dan baik sebanyak 59%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media audiovisual (animasi) terhadap pengetahuan pada siswa SD. Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukannya pengujian ulang dengan teknik random sampling sehingga hasilnya dapat digeneralisasi dan pengujian ulang terhadap kuisioner agar validitas dan releabilitasnya lebih baik.